Tumpeng Mini Nasi Uduk, Tips Membuatnya untuk Berbagai Acara Penting

Tumpeng Mini – Dalam berbagai kegiatan ataupun acara tumpeng mini nasi uduk biasanya akan disajikan sebagai makanan yang akan dibawa oleh tamu yang datang, contohnya saat ada acara ulang tahun pastinya identik dengan nasi tumpeng. Beragam nasi yang bisa digunakan untuk membuat nasi tumpeng seperti nasi uduk dalam bentuk mini yang disediakan untuk dibagikan kepada anak-anak yang datang pada acara ulang tahun tersebut.

Tumpeng Mini Nasi Uduk

Keistimewaan Nasi Uduk

Berikut beberapa keistimewaan nasi uduk:

Menggunakan santan dan rempah-rempah

Makanan yang dibuat atau dimasak menggunakan santan cenderung lebih gurih dan juga sedap, maka dari itu tidak heran jika tumpeng nasi uduk juga menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang. Selain penggunaan santan pada nasi uduk, ternyata rempah-rempah yang digunakan juga beragam seperti daun salam, serai, kayu manis, cengkeh, dan juga merica yang tentunya menambah rasa sedap dan juga aroma yang menggoda saat nasi uduk disajikan.

Pilihan lauk yang beragam

Berbagai macam lauk yang dihidangkan bersamaan dengan nasi uduk tentunya menjadi pelengkap dari nasi uduk tersebut dan juga dapat menambah selera makan. Beragam lauk yang disediakan seperti ayam goreng, kentang balado, bihun goreng, tempe orek, empal daging, telur balado, semur jengkol, dan lain sebagainya.

Biasanya juga terdapat sambal kacang dan sambal terasi untuk menambah pedas nasi uduk tersebut. Lalu juga terdapat kerupuk dan gorengan tempe atau bakwan yang disediakan sebagai pelengkap nasi uduk. Bawang goreng juga biasanya digunakan sebagai toping dari nasi agar lebih sedap.

Harganya cukup murah

Selain dari rasa nasi uduk yang enak, harga yang ditawarkan juga terjangkau tergantung lauk yang dipilih, berkisar antara 6000-25.000 rupiah. Nasi uduk juga bisa disajikan dalam bentuk tumpeng mini nasi uduk untuk berbagai acara dengan harga terjangkau yaitu mulai dari harga 25.000 rupiah.

Tips Memasak Nasi Uduk

Berikut beberapa tips memasak nasi uduk:

Trik pilih beras

Pastikan beras yang digunakan untuk membuat nasi uduk adalah beras yang berkualitas dan juga segar. Selain itu santan yang digunakan untuk campuran beras tersebut juga berasal dari santan asli kelapa parut yang kental agar rasanya lebih gurih.

Rendam beras

Beras yang akan digunakan sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 30-60 menit sebelum dimasak. Hal tersebut dilakukan agar nasi uduk yang dihasilkan menjadi pulen dan juga lezat.

Beri aneka rempah

Beberapa rempah-rempah yang digunakan adalah daun salam, serai, dan jahe yang dipotong cukup besar, agar saat nasi sudah matang mudah untuk diambil.

Gunakan minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa untuk menumis bumbu awal dapat menambahkan aroma khas pada nasi uduk.

Perbandingan air dan santan

Perbandingan penggunaan air dan juga santan akan mempengaruhi tekstur pada nasi uduk. Jika hasil nasi uduk yang dinginkan kering maka bisa menggunakan sedikit santan, namun untuk tekstur nasi uduk yang lembut sebaiknya menggunakan santan yang banyak.

Gunakan api kecil

Memasak nasi uduk menggunakan api yang kecil akan membuat nasi matang secara merata, dan juga tutup panci dengan rapat agar nasi tidak terlalu cepat kering.

Biarkan nasi mengendap

Untuk menyerap semua aroma dan juga rasa yang dihasilkan dari umbu dan santan, maka biarkan nasi mengendap dengan masih tertutup oleh tutup panci.

Beberapa bahan tambahan yang bisa digunakan untuk membuat nasi uduk lebih bervariasi seperti irisan timun atau acar dan kacang kedelai goreng. Jika Anda tidak ingin direpotkan dalam membuat makanan untuk acara-acara penting, maka Anda bisa memesan tumpeng mini nasi uduk bahkan untuk acara yang mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih