Cara Membuat Tumpeng Mini Tanpa Cetakan, Pasti Berhasil

Cara Membuat Tumpeng Mini Tanpa Cetakan, Pasti Berhasil

Tumpeng mini merupakan inovasi sajian tradisional yang cukup menarik, karena bisa memenuhi kebutuhan porsi kecil pada acara tertentu. Salah satu tantangan dalam membuat nasi tumpeng itu soal bentuk, meskipun kebanyakan orang mempergunakan cetakan untuk pembuatannya. Tapi sebenarnya ada cara membuat tumpeng mini tanpa cetakan, berikut ini akan kami jelaskan caranya.

Langkah Membuat Tumpeng Mini Tanpa Cetakan

Bila kalian tidak memiliki cetakan untuk membuat nasi tumpeng, maka ada cara lain yang bisa kalian pakai untuk membantu pembuatannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media daun pisang yang dibentuk kerucut sebagai alat bantu untuk membuatnya. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya.

  1. Siapkan daun pisang dengan ukuran yang sesuai, bila ingin membuat tumpeng mini maka tidak perlu terlalu besar.
  2. Bentuk daun pisang menjadi kerucut kemudian bagian ujungnya bisa kalian sematkan lidi atau juga staples supaya nasi tidak tumpah.
  3. Masukkan nasi sedikit demi sedikit ke dalam daun pisang berbentuk kerucut tersebut sembari sesekali ditekan supaya lebih padat. Pastikan untuk memasukkan nasi sepadat mungkin dan jangan berpikir harus irit dalam membuatnya, supaya nantinya bisa berdiri dengan kokoh.
  4. Setelah penuh ratakan bagian dasar dari kerucutnya supaya nanti bisa diletakkan berdiri ke tampah atau wadah yang digunakan.
  5. Lepas lidi atau staples di bagian ujung kerucut tadi dan lepaskan daun pisang dari nasi tumpeng yang sudah dicetak.

Baca Juga : Tumpeng 10 Porsi

Tips Membuat Tumpeng Mini Tanpa Cetakan

Pembuatan tumpeng mini tanpa cetakan memiliki kendala yakni nasi kurang kokoh, sehingga mungkin akan mudah runtuh. Ada beberapa tips yang bisa membantu bentuk nasi lebih mudah dibentuk dan tetap kokoh pada saat sudah dibentuk. Berikut cara membuat tumpeng mini tanpa cetakan.

1. Gunakan Beras yang Berkualitas

Beras yang berkualitas menentukan kemudahan dalam membentuk nasi tumpeng dan juga membuat nasi tumpeng lebih kokoh. Pastikan menggunakan beras yang menghasilkan nasi yang pulen, supaya nanti lebih mudah menempel dan juga lebih mudah dibentuk. Beras yang pera akan membuat nasi tumpeng lebih mudah retak dan kurang kokoh pada saat dibentuk menjadi nasi tumpeng.

2. Menggunakan Campuran Beras Ketan

Campurkan beras ketan pada beras yang digunakan untuk membuat nasi tumpeng, supaya lebih lengket dan tidak mudah runtuh. Campuran beras ketan ini akan membantu kalian dalam membentuk nasi tumpeng, karena akan lebih kokoh dan lebih menempel. Nasi dengan campuran beras ketan sudah pasti akan bisa merekat dengan sempurna dan membuat nasi tumpeng kokoh.

Cara mencampurnya adalah sejak saat merendam beras sebelum diaron untuk dimasak setengah matang. Setelah nasi sudah matang, pastikan juga untuk menutup dengan plastik supaya nasi tidak terkena udara yang bisa membuatnya keras. Apabila nasi sudah menjadi keras, maka akan jauh lebih sulit untuk dibentuk dan juga berpengaruh pada kualitas nasi tumpeng.

Baca Juga : Tumpeng 25 Porsi

Pada saat membentuk nasi tumpeng, pastikan untuk memadatkan nasi namun juga jangan terlalu ditekan juga. Bila terlalu banyak ditekan maka akan membuat nasi menjadi lebih keras dan mungkin akan mempengaruhi rasa dari nasi tumpeng.

Demikianlah cara membuat tumpeng mini tanpa cetakan yang menjadi rahasia kami dalam membuat nasi tumpeng mini. Bila kalian ingin memesan nasi tumpeng mini dengan kualitas yang baik bisa memesan di rumahtumpengjakarta.com. Variasi nasi tumpeng di Rumah Tumpeng Jakarta sangat lengkap dengan harga yang sangat ramah dikantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih