Cara Membuat Tumpeng Mini Sederhana Dan Gurih

Cara Membuat Tumpeng Mini Sederhana Dan Gurih

Nasi tumpeng mini sekarang sering menjadi pilihan ketika sedang mengadakan syukuran, karena dinilai porsinya lebih pas dan tidak terlalu banyak. Cara membuat tumpeng mini yang baik akan mempengaruhi hasil nasi tumpeng tersebut, sehingga harus dipahami dengan baik. Berikut ini caranya dan juga tahapannya dalam membuat nasi tumpeng yang gurih dan sedap.

Mempersiapkan Bahan-bahan

Persiapkan dulu beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat nasi tumpeng yang gurih dan juga enak ini. Berikut ini beberapa bahan yang harus kalian persiapkan.

  1. Beras putih
  2. Beras ketan
  3. Kunyit
  4. Santan dari kelapa asli
  5. Sereh
  6. Susu rendah lemak
  7. Jeruk nipis

Harga tumpeng untuk 50 orang dan porsinya

Memasak Nasi Menggunakan Teknik Aron

Teknik aron adalah teknik yang tepat untuk digunakan memasak nasi tumpeng, supaya hasil lebih enak dan juga lebih tahan lama. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkah memasak nasi tumpeng dengan menggunakan teknik aron ini.

  1. Cuci beras dan beras ketan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan kemudian rendam campuran beras tersebut di dalam air.
  2. Setelah sudah rendam untuk beberapa waktu, kalian masak dan kemudian kukus terlebih dahulu sampai setengah matang.
  3. Letakkan campuran nasi setengah matang tadi ke wadah khusus dan masukkan semua bumbu, santan, dan juga susu. Jangan lupa beri sedikit perasan air jeruk untuk bisa memberikan sedikit rasa asam dan membuat warna nasi jadi lebih cerah.
  4. Setelah itu masak sampai matang dan kemudian kukus sampai nasi benar-benar matang dan siap untuk dibentuk.

https://www.instagram.com/tumpeng25rb/

Membentuk Nasi Tumpeng

Pembentukan nasi tumpeng sendiri memang lebih mudah apabila menggunakan cetakan, namun bukan berarti harus menggunakannya. Kalian bisa membentuk nasi tumpeng dengan menggunakan daun pisang yang sudah dibentuk kerucut seperti bentuk nasi tumpeng pada umumnya. Berikut ini langkah membentuk yang termasuk dalam cara membuat tumpeng mini.

  1. Persiapkan daun pisang dan bentuk menjadi kerucut dengan ukuran yang sesuai untuk nasi tumpeng mini. Bagian ujung kerucut tersebut bisa diberi lidi atau juga staples supaya bentuknya tidak berubah dan bisa diisi dengan nasi.
  2. Masukkan nasi ke dalam daun pisang berbentuk kerucut tadi sembari sesekali ditekan supaya nasi benar-benar padat. Nasi harus cukup padat supaya nanti bisa berbentuk kerucut sempurna dan juga akan lebih kokoh pada saat diletakkan. Jangan terlalu ditekan juga, karena nanti nasi bisa keras dan akan mempengaruhi rasa dari nasi tumpeng.
  3. Setelah sudah penuh ratakan nasi sampai benar-benar rata, supaya nanti bisa berdiri pada saat diletakkan di dus atau di tampah yang sudah disiapkan.
  4. Letakkan nasi yang sudah dibentuk tadi dan kemudian lepaskan staples atau lidi yang kalian sematkan pada ujung kerucut tadi.
  5. Lepaskan daun pisang, dan kemudian nasi tumpeng mini sudah selesai dibuat. Kalian bisa menambahkan beragam lauk seperti kering tempe, telur dadar, perkedel, ayam goreng, telur, dan lain sebagainya di sekitar nasi tumpeng.

Beras berkualitas dan campuran dengan beras ketan itu akan sangat membantu kalian dalam membentuk nasi tumpeng. Nasi akan lebih murah rekat dan juga tidak mudah roboh pada saat sudah dibentuk.

Demikianlah cara membuat tumpeng mini yang biasa digunakan penjual nasi tumpeng berkualitas rumahtumpengjakarta.com. Bila kalian membutuhkan nasi tumpeng bisa memesan di Rumah Tumpeng Jakarta, harganya sudah pasti terjangkau dengan beragam variasi nasi tumpeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih