Cara Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih dan Hiasannya yang Cantik dan Menawan

Tumpeng mini jakarta – Dalam tradisi dan budaya bangsa Indonesia, sajian kuliner nasi tumpeng menjadi salah satu hidangan yang wajib tersedia dalam sebuah acara maupun perayaan. Di samping cita rasanya yang kuat, salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri pada nasi tumpeng adalah cara membuat nasi tumpeng merah putih dan hiasannya dengan tampilan yang unik serta menarik.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih dan Hiasannya

Bahan-bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih

Dalam membuat sajian nasi tumpeng merah putih, ada berbagai macam bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, Bahan-bahan yang Anda butuhkan tersebut antara lainnya adalah sebagai berikut ini.

1. Beras putih, beras merah dan beras ketan putih

Bahan utama yang perlu Anda persiapkan untuk membuat tumpeng merah putih adalah beras putih, beras merah dan beras ketan putih. Ketiga bahan utama ini nantinya akan menjadi dua komposisi warna utama pada nasi tumpeng yang Anda buat.

2. Lauk pauk untuk nasi tumpeng

Terdapat berbagai jenis lauk pauk yang bisa Anda pilih sebagai pendamping nasi tumpeng mulai dari telur, ayam, tahu, tempe, sayuran dan sebagainya. Untuk bahan yang satu ini, Anda bisa memilih lauk pauk sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

3. Santan

Santan menjadi salah satu bahan penting pada cara membuat nasi tumpeng merah putih dan hiasannya. Dalam memasak beras merah dan beras ketan putih, penambahan sedikit santan membuat nasi menjadi lebih pulen dan lembut.

4. Tampah dan daun pisang

Selain itu, jangan lupa persiapkan pula wadah seperti tampah serta daun pisang sebagai tempat dan alas untuk menyajikan nasi tumpeng yang telah Anda buat nantinya. Selain sebagai alas, daun pisang juga bisa Anda manfaatkan sebagai hiasan dan dekorasi pada nasi tumpeng.

Langkah-langkah Mudah Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih

Secara garis besar, membuat tumpeng merah putih kreatif tidaklah sulit dan mudah untuk dilakukan. Ada beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti sebagai berikut.

1. Masak beras, beras merah dan beras ketan putih

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasak beras, beras merah dan beras putih secara bergantian. Pastikan Anda mencuci bersih semua beras yang telah disediakan. Agar memiliki tekstur yang lembut dan pulen pastikan Anda memasak beras merah dan beras ketan putih menggunakan sedikit santan.

2. Mulai menyusun nasi tumpeng

Selanjutnya persiapkan wadah atau tampah yang sudah Anda persiapkan dan lapisi dengan daun pisang sebagai alas. Sebagai dasaran, letakkan nasi putih di atas alas daun pisang. Selanjutnya, susun lapisan merah putih dengan menggunakan nasi merah dan juga nasi ketan putih secara bergantian.

3. Tambahkan lauk pauk di sekeliling tumpeng

Berikutnya, isi tumpeng dengan berbagai lauk pauk pilihan yang sudah Anda sediakan. Untuk lauk pauk sendiri dapat disesuaikan dengan keinginan Anda misalnya saja sayuran, telur, ayam, abon dan berbagai pilihan lauk pauk yang lainnya.

4. Beri hiasan daun pisang lalu sajikan

Anda bisa mempercantik nasi tumpeng merah putih dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk sedemikian rupa mengelilingi tampah yang digunakan. Setelahnya, nasi tumpeng merah putih yang Anda buat siap untuk disajikan.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan jika cara membuat nasi tumpeng merah putih dan hiasannya merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Selain membuat sendiri, Anda juga bisa memesan langsung nasi tumpeng merah putih melalui rumah tumpeng Jakarta dengan rasa dan tampilan tumpeng yang bisa diandalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih