Cara Membuat Hiasan Pinggir Tumpeng dari Daun Pisang: Seni Dekorasi dengan Daun

Tumpeng Mini Jakarta – Selain dari rasa yang pastinya lezat dan bergizi, agar tampilan tumpeng semakin menarik, tak heran bila nasi tumpeng dihias sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. Salah satunya dengan cara membuat hiasan pinggir tumpeng dari daun pisang yang dapat Anda lihat dalam ulasan berikut ini.

Sampai detik ini, sajian hidangan tradisional seperti nasi tumpeng memang masih sering menghiasi berbagai acara dan perayaan. Selain karena ekonomis, penggunaan nasi tumpeng dinilai sarat dan kental akan nilai-nilai tradisional yang diketahui masih dijunjung oleh orang-orang zaman sekarang.

Cara Membuat Hiasan Pinggir Tumpeng dari Daun Pisang

Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Daun Pisang untuk Tumpeng

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda mengaplikasikan daun pisang secara langsung ke dalam dekorasi untuk nasi tumpeng. Beberapa tips tersebut dapat Anda simak langsung melalui pembahasan di bawah ini.

1. Pastikan menggunakan daun pisang yang masih segar

Pastikan jika daun pisang yang hendak Anda gunakan untuk dekorasi nasi tumpeng merupakan daun pisang yang masih segar dan baru saja Anda petik dari pohonnya. Menggunakan daun pisang lama untuk dekorasi dapat membuat daun gampang berubah warna menjadi coklat dan membuat tampilan tumpeng menjadi terlihat jelek.

2. Pilih jenis daun pisang yang tidak mudah robek

Sebagai dekorasi pada nasi tumpeng, umumnya terdapat daun jenis tertentu yang digunakan, salah satunya adalah jenis daun pisang batu. Jenis daun pisang yang satu ini umumnya memiliki ketahanan yang cukup kuat dan tidak mudah robek jika digunakan.

3. Jangan lipat daun terlalu kuat

Banyak cara membuat hiasan pinggir tumpeng dari daun pisang yang bisa dilakukan, tak jarang yang melakukannya dengan melipat daun sedemikian rupa. Namun dalam melipat daun pisang usahakan jangan terlalu kuat dan kencang, sebab hal tersebut dapat membuat daun pisang mudah berubah warna dan merusak tampilan tumpeng.

Cara Menghias Nasi Tumpeng Menggunakan Daun Pisang

Secara umum, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi nasi tumpeng dengan bahan daun pisang. Beberapa cara tersebut dapat Anda temukan dalam ulasan mengenai cara membuat hiasan daun pisang pada nasi tumpeng berikut.

1. Menggunakan lipatan daun pisang

Pertama, Anda bisa melipat-lipat daun pisang dan membuat bentuk seperti kipas. Anda bisa meletakkan lipatan daun pisang ini di pinggiran wadah tumpeng secara melingkar. Pastikan ujung segitiga pada lipatan daun pisang menjulur keluar sehingga tampilan tumpeng semakin menarik.

2. Menggunakan anyaman daun pisang

Selain melipatnya, Anda bisa menggunakan dekorasi lain yang sedikit lebih rumit, yaitu dengan menganyam daun pisang. Meskipun terbilang cukup menyita waktu dan sedikit rumit dalam proses pembuatannya, menggunakan anyaman daun pisang dinilai mampu meningkatkan estetika dari tampilan nasi tumpeng yang Anda buat tersebut.

3. Menggunakan potongan kecil daun pisang

Untuk yang terakhir, Anda bisa memotong-motong daun pisang menjadi berbagai bentuk yang Anda inginkan, contohnya saja bentuk segitiga. Tiap-tiap potongan daun pisang ini dapat Anda tempatkan pada pinggiran wadah nasi tumpeng secara melingkar sehingga meninggalkan kesan indah pada nasi tumpeng tersebut.

Secara tidak langsung cara membuat hiasan pinggir tumpeng dari daun pisang diketahui dapat membuat orang tertarik untuk mencicipi nasi tumpeng tersebut. Selain membuat sendiri, Anda juga bisa memesan nasi tumpeng melalui Rumah Tumpeng Jakarta yang menyediakan beragam nasi tumpeng menarik dari segi tampilan dan juga lezat dari segi rasa.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih