Tomat Hiasan Tumpeng, Cara Membuat dan Bahan Lainnya

Tomat Hiasan Tumpeng

Rumah Tumpeng Mini – Nasi tumpeng itu perlu dihias dengan baik, dan tomat hiasan tumpeng memang sering digunakan dengan berbagai macam bentuk. Tomat bisa dibentuk menjadi bunga mawar atau beragam bentuk lainnya supaya nasi tumpeng bisa lebih cantik dan lebih indah. Berikut ini kami akan jelaskan cara membuatnya dan bahan lain yang bisa digunakan sebagai hiasan dari nasi tumpeng.

Cara Membuat Hiasan Tomat untuk Tumpeng

Tomat memang menjadi bahan yang paling umum digunakan untuk hiasan pada nasi tumpeng, karena warnanya yang kontras dengan nasi tumpeng. Bentuk yang paling banyak digunakan itu adalah bentuk mawar, meskipun memang bukan hal yang mudah untuk membuatnya. Berikut ini kami akan jelaskan cara membuat hiasan tomat dengan bentuk mawar yang cantik untuk nasi tumpeng kalian.

  1. Persiapkan tomat dengan ukuran yang cukup besar dan juga pisau yang harus tajam untuk memudahkan dalam membentuk tomat.
  2. Potong bagian bawah tomat dan kemudian kupas kulit tomat dengan menggunakan pisau secara melingkar dengan akses gelombang. Pastikan kulit tidak terputus di tengah jalan sampai nanti di ujung atas tomat supaya bisa dibentuk menjadi bunga mawar yang cantik.
  3. Gulung kembali kulit tomat yang sudah dikupas tadi menjadi bentuk spiral, namun pastikan bagian sisi kulit tetap di luar. Jadi sisi pulpa berada di bagian dalam dan sisi kulit berada di sisi luar.
  4. Letakkan kulit yang sudah dibentuk spiral tadi di atas kulit tomat sebagai alasnya dan kemudian rentangkan kulit tomat berbentuk spiral tadi. Kalian perlu menyesuaikan kekencangan dari spiral tadi untuk bisa membentuk kelopak bunga mawar dari kulit tomat tersebut.

Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk membentuk tomat hiasan tumpeng ini, namun hasilnya sudah pasti mempercantik nasi tumpeng kalian.

Bahan Lain untuk Hiasan Tumpeng

Selain menggunakan tomat, kalian bisa mempergunakan bahan sayuran yang lainnya untuk hiasan tumpeng yang kalian buat. Berikut ini beberapa rekomendasi bahan lainnya yang bisa digunakan untuk menghias tumpeng dengan baik dan juga cantik.

1. Timun

Timun memiliki warna hijau yang kontras, sehingga bisa mempercantik nasi tumpeng terlebih bila dipadukan dengan tomat atau cabai. Potong ujung timun beberapa centimeter dan kemudian belah menjadi 5 bagian dan kemudian bentuk seperti huruf u terbalik. Setelah sudah menjadi seperti kelopak, kalian bisa potong kelopak tersebut dan bersihkan bijinya terlebih dahulu.

Rendam dengan air dingin supaya kelopak cepat mekar dan kemudian sematkan dengan tusuk gigi untuk dipasangkan di ubi ungu.

2. Cabai

Cabai adalah bahan yang paling mudah untuk dibuat hiasan yang menyerupai seperti kelopak bunga. Caranya pun mudah, kalian hanya perlu memotong secara vertikal cabai tersebut namun tidak sampai putus pada pusat cabai. Setelah itu setiap potongan tadi kalian bisa bentuk menjadi kelopak bunga, dan jadilah hiasan dari cabai untuk nasi tumpeng kalian.

3. Wortel

Wortel memiliki warna orange yang bisa membuat nasi tumpeng lebih beragam warna untuk menghias tumpeng menjadi lebih cantik. Cara membuatnya pun hanya dengan mengiris ujung wortel menjadi beberapa bagian namun tidak terputus.

Demikianlah cara membuat tomat hiasan tumpeng dan bahan sayuran lainnya yang bisa kalian jadikan hiasan untuk tumpeng. Bila kalian ingin memesan nasi tumpeng, maka bisa mengunjungi rumahtumpengjakarta.com yang memiliki nasi tumpeng berkualitas tinggi. Ada banyak variasi yang bisa kalian pesan juga di Rumah Tumpeng Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih