Resep Nasi Tumpeng Sunda Anti Gagal

Nasi Tumpeng Mini – Nasi tumpeng Sunda memiliki rasa yang unik dan khas, sehingga banyak orang yang mencoba mencari resep nasi tumpeng Sunda tersebut. Resep yang tepat akan membuat rasa dari nasi tumpeng akan lebih enak, gurih, dan pastinya akan lebih otentik saat dinikmati. Berikut ini kami akan berikan resepnya dan juga bagaimana cara untuk memasaknya dengan baik dan benar.

resep nasi tumpeng Sunda

Bahan Nasi Tumpeng Sunda

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan termasuk juga bumbu halus yang nanti harus dimasak bersama dengan nasi tumpeng terebut. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih bahan dari nasi tumpeng khas Sunda yang harus dipersiapkan sebelum kalian memasaknya.

  1. Beras kurang lebih 1 liter
  2. Santan 1 liter atau berasal dari perasan kelapa sekitar 500 gram
  3. Ayam pejantan kurang lebih 1 kg
  4. 5 butir telur rebus
  5. Kentang yang sudah dipotong-potong
  6. Buncis satu ikat
  7. Lengkuas sekitar 7 iris
  8. Daun salam sekitar 5 lembar
  9. Sereh 2 batang dan digeprek
  10. Garam secukupnya.

Untuk bumbu halus ada beberapa bahan yang harus disiapkan, berikut ini kami akan informasikan bahan untuk bumbu halusnya.

  1. Bawang putih 7 siung
  2. Bawang merah 10 siung
  3. Kunyit sekitar 4 ruas jari
  4. Kemiri 8 butir
  5. Ketumbar sekitar 1 sendok
  6. Minyak secukupnya
  7. Air secukupnya

Langkah Memasak Nasi Tumpeng Sunda

Setelah sudah mencatat semua bahan yang dibutuhkan, selanjutnya kalian harus paham juga bagaimana langkah memasaknya supaya hasilnya berkualitas. Kunci dari resep nasi tumpeng Sunda itu adalah bahan-bahan, namun keberhasilannya tergantung dari bagaimana cara memasak. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya.

  1. Cuci dan bersihkan beras dengan baik dan benar sampai bersih dan kemudian aron nasi terlebih dulu sampai setengah matang.
  2. Haluskan semua bahan pada bumbu halus, kemudian panaskan minyak dan masukkan bumbu halus tersebut. Tambahkan sereh, daun salam, dan lengkuas kemudian tumis sampai mengeluarkan aroma harum.
  3. Setelah itu masukkan ayam dan kemudian masak sampai ayam berubah warna.
  4. Setelah itu masukkan santan dan kemudian berikan garam secukupnya dan aduk sampai merata.
  5. Tambahkan buncis, telur rebus dan juga kentang yang sudah direbus sebelumnya kemudian aduk sampai benar-benar merata.
  6. Masukkan beras yang sudah diaron sebelumnya dan kemudian aduk sampai merata, kalian bisa menambahkan air sedikit atau perasa air jeruk nipis. Setelah itu kalian perlu memasaknya sampai airnya habis.
  7. Persiapkan kukusan dan kemudian letakkan nasi ke atas kukusan dan kemudian masak sampai nasi matang dan siap untuk disajikan.

Langkah Membentuk Nasi Tumpeng

Membentuk nasi tumpeng bisa menggunakan cetakan atau menggunakan pisang yang dibuat kerucut untuk membentuk nasi tumpeng. Berikut ini langkahnya.

  1. Siapkan daun pisang dan kemudian bentuk seperti kerucut, lalu sematkan lidi di bagian ujung supaya bisa diisi dengan nasi.
  2. Masukkan nasi dan tekan sedikit agar supaya bisa lebih padat dan bisa dibentuk kerucut seperti bentuk nasi tumpeng kebanyakan. Pastikan cukup padat supaya bentuknya kokoh, namun jangan terlalu padat supaya nasinya tidak menjadi keras.

Demikianlah resep nasi tumpeng Sunda yang sederhana dan khas, bila kalian ingin memesan nasi tumpeng Sunda bisa mengunjungi rumahtumpengjakarta.com. Harganya terjangkau dan variasi nasi tumpeng yang dijual sangat lengkap, jadi kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih