Cara Membuat Nasi Tumpeng Agar Tidak Pecah

Rumahtumpengjakarta.com – Salah satu kendala yang sering dialami orang saat membuat nasi tumpeng adalah nas tumpeng tersebut pecah dan juga tidak kokoh. Sebenarnya ada cara membuat nasi tumpeng agar tidak pecah yang sebenarnya cukup sederhana terutama dari sisi cara membuatnya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat nasi tumpeng tidak mudah pecah, berikut ini beberapa caranya.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Agar Tidak Pecah

Gunakan Cetakan yang Tepat

Salah satu kendala yang membuat nasi tumpeng jadi mudah pecah adalah karena cetakannya, terkadang cetakan yang digunakan kurang tepat. Bila cetakan yang dipakai kualitasnya tidak cukup baik, maka mungkin akan sulit untuk dilepas dan akhirnya membuat nasi pecah. Selain itu juga cetakan tidak bisa merekatkan nasi dengan baik, sehingga akhirnya membuat nasi mudah roboh atau pecah.

Pastikan saat membeli cetakan itu memang memiliki kualitas yang baik dalam merekatkan nasi supaya hasilnya pun cukup baik. Lebih baik lagi bila menggunakan cetakan dari daun pisang yang bisa kalian buat sendiri dengan mudah, jangan lupa sematkan lidi di ujung kerucutnya. Daun pisang ini akan sangat membantu nasi tumpeng untuk lebih rekat dan juga membantu nasi tidak mudah keras.

Campurkan dengan Beras Ketan

Bila ingin merekatkan nasi tumpeng dengan lebih baik, maka kalian bisa mencoba mencampurkan beras putih biasa dengan berat ketan. Beras ketan itu memiliki tingkat rekat yang lebih tinggi, sehingga akan lebih mudah dibentuk dan juga tentunya lebih kokoh. Campurkan beras putih yang kalian gunakan dengan beras ketan kemudian aron sebentar sampai setengah matang.

Pencampuran ini bisa dilakukan dengan perbandingan 50 dan 50 atau bisa juga 70 dan 30, tapi beras ketan lebih sedikit. Pada saat matang pastikan juga untuk menutup dengan plastik, supaya nasi tidak menjadi keras dan masih bisa dibentuk dengan baik. Beras ketan menjadi pilihan cara membuat nasi tumpeng agar kuat yang cukup efektif.

Proses Memasak yang Benar

Pastikan kalian memasak dengan baik dan benar, supaya nasi benar-benar pulen dan tidak benyek atau terlalu keras. Berikut ini proses memasak yang benar supaya nasi tumpeng memiliki kualitas yang baik dan kemudian tidak mudah pecah.

  1. Gunakan beras yang berkualitas, bersih, dan bisa menghasilkan nasi yang pulen.
  2. Cuci beras dan beras ketan sampai bersih dan kemudian rendam terlebih dahulu untuk beberapa saat kemudian masak dan kukus sampai setengah matang.
  3. Setelah itu persiapkan bumbu dan santan ke dalam satu panci dan kemudian masukan campuran beras dan beras ketan setengah matang. Aduk hingga merata dan masak sampai air habis dan semua meresap ke nasi.
  4. Kukus nasi tersebut sampai matang, dan nasi siap dicetak.

Bentuk Nasi Tumpeng dengan Cara yang Benar

Membentuk nasi tumpeng pun harus benar, supaya nantinya nasi yang dihasilkan tidak mudah pecah. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Bila menggunakan cetakan, maka kalian bisa mengolesi sedikit dengan margarin supaya nasi bisa jauh lebih rekat.
  2. Masukan nasi sedikit demi sedikit dengan sedikit ditekan supaya lebih padat dan tentunya akan jauh lebih rekat.

Demikianlah cara membuat nasi tumpeng agar tidak pecah, pastikan kalian menerapkan semuanya untuk hasil maksimal. Kalian bisa memesan nasi tumpeng berkualitas dan tidak mudah pecah di rumahtumpengjakarta.com. Harganya sangat terjangkau dan bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih