Cara Menghias Tumpeng untuk Lomba

Rumah Tumpeng Mini – Cara menghias tumpeng yang cantik dan menarik menjadi salah satu lomba yang kerap kali diadakan pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di mana tumpeng itu sendiri dijadikan sebagai simbol rasa syukur. Nasi berbentuk kerucut berwarna kuning ini akan semakin cantik disajikan dengan lauk-pauk lengkap dengan rasa yang enak dan lezat belum lagi ditambah hiasan yang menambah selera makan.

Bagaimana Menghias Tumpeng untuk Lomba?

Dalam lomba menghias tumpeng, ada beberapa kategori yang biasanya menjadi penilaian mulai dari kesesuaian dengan tema acara hingga tampilan dan juga rasa dari tumpeng itu sendiri. Oleh karena itu, agar nasi tumpeng yang diperuntukkan lomba menarik maka calon peserta dituntut kreatif untuk menyajikan nasi tumpeng berbentuk kerucut ini.

Berikut cara menghias nasi tumpeng yang perlu Anda lakukan adalah:

a. Menghias Alas Tumpeng

Untuk menghias alas tumpeng, bahan sederhana yang diperlukan adalah daun pisang, pita merah putih, tusuk gigi, kacang panjang dan juga styrofoam.

Pertama, potong daun pisang dengan lebar 7 cm, gulung bagian kanan hingga ke tengah dan lakukan hal yang sama pada bagian kirinya. Selanjutnya stapler bagian tengahnya. Lilitkan pita merah putih pada bagian daun yang sudah dibentuk dan dikunci menggunakan stapler. Susun mengelilingi tampah yang telah ditusuk dengan tusuk gigi dan susun kacang panjang secara zig-zag membentuk anyaman dan lalu rapikan.

Cek : Harga tumpeng 10 porsi

b. Membentuk Hiasan Huruf

Cara menghias tumpeng dengan membuat huruf, bahan yang diperlukan adalah lobak, wortel dan lem atau tusuk gigi. Caranya, potong wortel dan lobak di mana ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Selanjutnya dibentuk huruf dan dipadukan dengan potongan lobak dan wortel pada nasi tumpeng menggunakan tusuk gigi.

c. Hiasan Berbentuk Panjat Pinang

Hiasan berbentuk panjat pinang memang sangat identik dengan perayaan HUT RI. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan wortel dan juga kacang panjang. Bersihkan kulit wortel dan potong memanjang seperti tongkat. Selanjutnya potong kacang panjang dengan ukuran 1 lebih panjang untuk membentuk melingkar dan 4 berukuran lebih kecil.

d. Hiasan Bunga Pepaya

Hiasan bunga pada nasi tumpeng akan memberi kesan eye caching dan membuatnya semakin menarik. Untuk membuat hiasan bunga ini juga hanya memerlukan bahan sederhana yaitu pepaya muda dan pewarna makanan.

Untuk langkahnya, potong pepaya menjadi 2 bagian dan cuci bersih hingga getahnya hilang. Iris bagian pinggir pepaya dari atas ke bawah untuk membuat kelompok dan lakukan langkah tersebut hingga menyerupai bunga. Selanjutnya rendam bunga pepaya tersebut pada air es dengan pewarna makanan sehingga pepaya berubah warna menjadi lebih segar.

e. Hiasan Tumpeng Berbentuk Pagar

Hiasan tumpeng membentuk pagar hanya membutuhkan styrofoam dan juga kacang panjang. Cara untuk membuatnya pun cukup mudah yaitu bentuk styrofoam menjadi sebuah pagar dan tempelkan kacang panjang di atas styrofoam tersebut dengan menggunakan lem.

Cek : Harga tumpeng 40 porsi

Beragam bentuk hiasan tumpeng dapat Anda aplikasikan pada kreasi tumpeng yang akan dibuat. Pastikan Anda memahami instruksi atau pun tema dari lomba tersebut sehingga kreasi tumpeng hias yang Anda buat akan menjadi pemenangnya.

Cara menghias tumpeng dengan memperhatikan beberapa cara membentuk atau membuat hiasannya tentu bukan hal yang sulit. Akan tetapi, untuk lebih memudahkan Anda dalam mengikuti perlombaan maka Anda dapat pesan secara langsung tumpeng kepada Rumah Tumpeng Jakarta yang mana dapat disesuaikan dengan request dari konsumen untuk hiasannya dan ukuran tumpeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih