Cara Membuat Hiasan Tumpeng dari Daun Pisang

Cara Membuat Hiasan Tumpeng dari Daun Pisang

Tumpeng Mini Jakarta – Cara membuat hiasan tumpeng dari daun pisang memang bukan suatu hal yang sulit. Akan tetapi, dibutuhkan kreativitas dari pembuatnya sehingga tumpeng yang dihasilkan bukan hanya lezat untuk disantap akan tetapi memiliki tampilan yang cantik dan estetik.

Apa Saja Kreasi Hiasan Tumpeng dari Daun Pisang?

Dengan menggunakan bahan sederhana seperti daun pisang, ada banyak sekali bentuk yang dapat dieksplore sehingga akan semakin menarik tampilan dari nasi tumpeng yang dihidangkan.

Bukan hanya diperuntukkan pada saat perlombaan, untuk beberapa perayaan seperti tasyakuran atau ulang tahun juga biasanya menggunakan nasi tumpeng yang dihias dengan daun pisang. Hal ini bertujuan untuk mempercantik tampilan nasi tumpeng yang dihidangkan.

Daun pisang dipilih sebagai hiasan nasi tumpeng dikarenakan bahan tersebut mudah ditemukan dan cukup sederhana dalam membuatnya. Berikut cara membuat hiasan tumpeng dari daun pisang adalah:

cara membuat hiasan tumpeng dari daun pisang

1. Hiasan Mahkota Kerucut Nasi Tumpeng

Hiasan mahkota kerucut nasi tumpeng dibuat untuk menutup bagian ujung dari kerucut nasi tumpeng itu sendiri. Cara membuatnya yaitu dengan menekuk daun pisang membentuk kerucut yang disesuaikan dengan ujung nasi tumpeng dan menguncinya dengan stapler.

2. Hiasan Segitiga Daun Pisang

Hiasan segitiga daun pisang dibuat dengan cara melipat sisi kanan dari daun pisang ke bagian tengah dan melipat sisi satunya ke bagian tengah juga, selanjutnya kunci dengan menggunakan stapler.

3. Hiasan Zig-zag Daun Pisang

Hiasan zig-zag daun pisang dibuat dengan cara lipat secara simetris kedua sisi daun pisang. Tekan bagian tengah membentuk lipatan ke kanan dan ke kiri membentuk zig-zag. Kunci lipatan dengan menggunakan stapler.

4. Hiasan Sirip Ikan Daun Pisang

Hiasan sirip ikan daun pisang dibuat dengan cara membentuk lipatan daun membentuk 35 derajat dari titik atas daun pisang ke bagian tengah. Lipat kembali sisi kanan dan juga kiri daun ke bagian tengah dan kunci menggunakan stapler agar lipatannya tidak rusak.

Tips agar Daun Pisang Tidak Sobek atau Rusak Saat Dibentuk

Berikut trik agar daun pisang tidak sobek atau rusak pada saat dibentuk menjadi hiasan adalah:

a. Gunakan Daun Pisang Jenis Batu

Jenis daun pisang cukup bervariasi, sangat disarankan menggunakan jenis daun pisang batu. Daun pisang batu dikenal tidak mudah sobek sehingga sangat cocok dijadikan untuk hiasan tumpeng. Daun batu sangat mudah dibentuk apalagi membentuk hiasan tumpeng dengan menggunakan daun pisang biasanya akan dilakukan dengan cara melipat-lipat daun.

b. Tidak Menekuk Daun Terlalu Kuat

Dalam membuat hiasan nasi kuning dengan menggunakan daun pisang akan dilakukan dengan membentuk beberapa lipatan. Pastikan Anda melipat daun dengan hati-hati agar daun tidak pecah atau robek dan tidak menekan daun terlalu kuat.

c. Menghindari Bungkus Daun

Membungkus daun terlalu lama akan mempengaruhi keelastisitasan daun. Apalagi perubahan daun menjadi berwarna cokelat dipengaruhi oleh uap daun yang tidak dapat keluar pada saat daun dibungkus rapat menggunakan plastik.

daun pisang segitiga untuk tumpeng

d. Simpan Daun di Kulkas

Menyimpan daun di dalam kulkas diperbolehkan saja, asal dalam penyimpanannya dilakukan dengan cara yang benar. Caranya yaitu dengan membungkus daun pisang menggunakan lap basah dan diletakan pada kulkas bagian bawah.

Mudah bukan cara membuat hiasan tumpeng dari daun pisang? Nah, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menghias tumpeng untuk acara tasyakuran, Rumah Tumpeng Jakarta bisa dijadikan solusi dalam membuat nasi tumpeng yang lezat dan memiliki tampilan menarik, rasa yang enak dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih