Cara Membuat Ayam Ingkung untuk Tumpeng Rumahan

Tumpeng Mini Jakarta – Cara membuat ayam ingkung untuk tumpeng cukup mudah dan biasanya ini dijadikan lauk utama pada nasi tumpeng. Caranya tinggal memasak ayam kampung menggunakan bumbu lengkap sampai meresap. Rasa ayam yang gurih dan pedas akan semakin menggugah selera sehingga sangat cocok dimakan dengan nasi tumpeng.

Ayam ingkung akan menjadi pelengkap saat makan dengan nasi tumpeng. Apalagi nasi tumpeng identik dengan beragam lauk dan supaya gizi yang didapatkan seimbang pastinya harus ada protein hewani dari ayam ingkung satu ini. Nah, resep membuat ayam ingkung nasi tumpeng rumahan yang mudah bisa Anda coba di bawah ini.

Cara Membuat Ayam Ingkung untuk Tumpeng Rumahan

Cara Membuat Ayam Ingkung untuk Tumpeng Lezat

Ayam ingkung dijadikan sebagai lauk utama nasi tumpeng sehingga wajib disediakan. Nah, resep membuat ayam ingkung yang mudah dan lezat ada di bawah ini.

Bahan Ayam Ingkung

Bahan-bahan ayam ingkung:

1 ekor ayam kampung utuh

500 ml santan kental

1 liter air

5 butir bawang merah

7 butir bawang putih

3 butir kemiri

3 lembar daun jeruk

3 cm kunyit

2 buah cabai merah keriting

1 batang serai (memarkan)

2 sdt garam

1 cm jahe

1 cm lengkuas (memarkan)

1 potong kecil gula Jawa

1 sdt ketumbar

½ sdt merica bubuk

½ sdt jintan

Resep Membuat Ayam Ingkung

Resep membuat ayam kampung ingkung:

– Cuci bersih ayam

Langkah pertama, cuci bersih ayam kampung dan biarkan dalam keadaan utuh. Biasanya ayam ingkung memang disajikan dalam keadaan utuh dan akan membutuhkan cara memasak yang tepat agar bumbunya meresap dan matang sempurna. Ikat kaki ayam dan tegakkan kepalanya menggunakan tusuk gigi baru sisihkan.

– Haluskan bumbu

Haluskan semua bumbu-bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai keriting, jahe, kunyit, ketumbar, jintan, garam dan merica. Anda bisa menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskan semua bumbu ingkung ayam tersebut sampai halus.

– Tumis bumbu halus

Panaskan minyak di panci dan kemudian masukkan semua bumbu halus tadi. Masukkan daun jeruk, daun salam dan masak bumbu sampai harum dan matang. Masukkan bumbu halus yang telah ditumis serta gula Jawa ke dalam panci beserta ayam utuh tadi.

– Masukkan santan sedang

Masukkan santan sedang dan masaklah ayam menggunakan api sedang sampai empuk serta kuahnya menyusut.

– Tuang santan kental

Tuangkan santan kental dan masak lagi menggunakan api kecil sampai bumbunya mengental dan meresap ke ayam ingkung.

– Angkat ayam

Apabila bumbu sudah meresap ke dalam ayam, angkat ayamnya dan sajikan dengan bumbu yang masih tersisa agar rasanya lebih lezat.

Tips Memasak Ayam Ingkung

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membuat ayam ingkung, seperti:

  1. Agar ayam ingkung bentuknya tegak dan tidak gampang hancur sebaiknya menggunakan ayam kampung muda dengan ukuran sedang maupun ayam jantan ukuran besar.
  2. Pastikan Anda mengaduk ayam ingkung dengan kuahnya supaya meresap secara merata ke semua bagian ayam. Hal ini juga dilakukan supaya santan tidak pecah selama proses memasak ayam ingkung.
  3. Sebelum disajikan ke tamu undangan, pastikan ayam sudah dipotong sesuai selera agar mudah dimakan oleh para tamu undangan. Anda bisa memotongnya saat pembagian nasi tumpeng kepada tamu.

Nah, itulah dia cara membuat ayam ingkung untuk tumpeng dengan mudah dan Anda bisa memesan nasi tumpeng dengan ayam ingkung di Rumah Tumpeng Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih