Cara Menata Tumpeng Nasi Putih yang Cantik dan Menggugah Selera

Cara Menata Tumpeng Nasi Putih yang Cantik dan Menggugah Selera

Tumpeng kini banyak digunakan untuk berbagai acara penting maupun perayaan khusus di rumah maupun kantor. Meski tumpeng lebih khas disajikan dengan menggunakan nasi kuning, namun banyak juga yang menggunakan nasi putih untuk tumpeng. Untuk mendapatkan tampilan tumpeng yang menarik dan menggugah selera, dibutuhkan cara menata tumpeng nasi putih yang benar.

Cara Menata Sajian Tumpeng Nasi Putih yang Benar

Menata tumpeng yang menggunakan nasi putih membutuhkan pemilihan komposisi warna pada bahan hiasan dan lauk pauk dengan tepat. Anda harus bisa memadukan warna yang dihasilkan secara alami dari hiasan dan lauk pauk untuk tampil kontras yang menarik dengan tumpeng nasi putih. Berbeda dengan tumpeng nasi kuning yang sudah memiliki kombinasi warna yang lebih kaya sehingga tak begitu sulit untuk memadukan warnanya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menata tumpeng nasi putih yang benar dan bisa menghasilkan tumpeng yang menarik sekaligus menggugah selera.

1. Tentukan desain tumpeng

Kini bentuk tumpeng tidak hanya melulu berbentuk kerucut, namun juga bisa dibentuk dengan bentuk bulat bertumpuk baru di bagian atas dibentuk kerucut. Desain hiasan tumpeng sendiri biasanya menggunakan sayuran yang dibentuk menyerupai bunga ataupun dekorasi tumpeng lainnya.

Hiasan seperti tomat dibentuk bunga, mentimun diiris tipis kemudian ditata sepanjang pinggiran tumpeng, selada untuk alas ayam bakar atau goreng, wortel dipotong berbentuk bunga, wadah sambal dari daun pisang kemudian di bagian ujung tumpeng diberi daun pisang berbentuk kerucut.

2. Proses cetak nasi tumpeng

Mencetak nasi untuk dibentuk kerucut dalam pembuatan tumpeng biasanya menggunakan alat bantu berupa cetakan kerucut. Usahakan untuk mengisi nasi ke dalam cetakan hingga padat sehingga tumpeng memiliki tekstur yang kokoh dan padat tak mudah buyar. Anda juga bisa mengoleskan margarin ke cetakan tumpeng untuk memudahkan mengeluarkan tumpeng.

Ada banyak tips yang digunakan untuk mencetak nasi tumpeng, untuk menghindari nasi tumpeng buyar atau mudah pecah setelah dicetak. Anda bisa menggunakan tambahan beras ketan untuk mendapatkan nasi tumpeng yang lebih pulen dan bisa menyatu dengan mudah. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan alat cetak dan tangan ketika mencetak nasi tumpeng sehingga kualitasnya bisa terjaga dengan baik.

3. Tata lauk pauk sesuai warna

Kemudian tahapan yang ketiga adalah untuk menata lauk pauk sesuai dengan warnanya sehingga terlihat kontras dan tidak monoton. Seperti untuk lauk pauk mie goreng, ayam goreng atau bakar dan tempe tahu bacem memiliki warna yang senada, maka sebaiknya tak diletakkan berdampingan. Berikan selingan lauk yang memiliki warna berbeda seperti telur dadar iris, sambal goreng kentang atau urab sayuran sehingga kombinasi warnanya terlihat menarik sekaligus menggugah selera.

Anda juga bisa meletakkan aneka macam buah segar di sekitar penataan tumpeng nasi putih untuk menjadi hiasan menarik lainnya. Beberapa orang juga memanfaatkan dekorasi lain seperti miniatur, bendera, patung dan lainnya untuk menambah semarak hiasan yang digunakan. Tentunya dekorasi yang digunakan sudah disesuaikan dengan tema desain tumpeng nasi putih sehingga tampilannya bukan hanya menarik namun penuh makna.

Anda bisa mendapatkan tumpeng nasi putih dengan mudah dan praktis tanpa harus repot memperhatikan cara menata tumpeng nasi putih. Caranya adalah dengan memesan tumpeng nasi putih di rumahtumpengjakarta.com yang terkenal akan kualitas rasa dan produknya. Pesan sekarang juga tumpeng nasi putih yang lezat dan menarik sesuai kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih