Cara Menghias Tumpeng Nasi Putih Sederhana, Menarik dan Penuh Makna

Nasi Tumpeng Mini – Nasi tumpeng merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang umumnya disajikan dengan nasi kuning berbumbu gurih. Namun terkadang ada yang kesulitan untuk menyiapkan nasi kuning dan ada juga yang tak begitu menyukai cita rasanya. Maka dari itu, kini banyak yang memilih membuat tumpeng dengan nasi putih. Cara menghias tumpeng nasi putih sederhana berikut perlu diketahui agar tetap terlihat menarik dan penuh makna.

Cara Menghias Tumpeng Nasi Putih Sederhana

Trik dan Cara Mudah Menghias Tumpeng Nasi Putih

Untuk menghias tumpeng yang disajikan dengan menggunakan nasi putih memiliki tantangan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan nasi putih memiliki warna yang cenderung lebih simpel dibandingkan warna nasi kuning sehingga harus bisa memaksimalkan hiasan atau garnish agar tampilan tumpeng tetap menarik. Tumpeng dengan nasi putih harus bisa dihias dengan baik agar tampil cantik, menarik sekaligus menggugah selera.

Menurut sejarah yang tercatat, untuk pembuatan nasi tumpeng awalnya menggunakan nasi putih baik yang dimasak dengan ataupun tanpa bumbu. Seiring berjalannya waktu kini nasi tumpeng lebih khas disajikan dengan nasi bumbu kuning untuk mendapatkan kesan lebih menarik. Berikut beberapa trik untuk cara menghias tumpeng nasi putih sederhana yang simpel, menarik namun tetap penuh makna.

Untuk tema tumpeng dengan nasi putih sesuai dengan filosofinya jauh lebih sederhana daripada tumpeng nasi kuning. Sehingga bahan hiasan, dekorasi dan lainnya pun diupayakan sesederhana mungkin karena filosofinya yang sederhana, bersih dan halal. Misalnya untuk alas untuk tumpeng digunakan daun pisang dengan dekorasi kombinasi daun pisang dan selada yang menjadikan tampilan tumpeng lebih menarik.

2. Pemilihan lauk pauk

Lauk pauk untuk tumpeng biasanya dipilih dari beberapa macam lauk pauk kering tanpa kuah seperti mie goreng, ayam goreng, tahu dan tempe bacem, urab sayuran serta sambal terasi. Susun lauk pauk tersebut mengelilingi nasi yang sudah dicetak dalam bentuk kerucut, pastikan untuk mencetak nasi putih saat kondisi masih panas agar bisa lebih kokoh.

3. Garnish atau hiasan dari bahan alami

Kemudian trik untuk menghias tumpeng nasi putih berikutnya adalah untuk menggunakan hiasan dari bahan alami. Misalnya untuk membuat hiasan bunga dari cabai merah, tomat atau wortel dengan warna cerah yang menarik. Untuk hiasan berwarna hijau bisa menggunakan mentimun, daun seledri, kacang panjang, selada atau lobak putih.

4. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Adapun untuk menghias tumpeng nasi putih diperlukan alat untuk menghias tumpeng agar hasilnya memuaskan. Seperti cetakan tumpeng untuk mendapatkan bentuk kerucut yang sempurna, saat mencetak usahakan untuk mengisi cetakan tumpeng dengan padat agar tumpeng berdiri kokoh. Sedangkan alat seperti cutter atau pisau buah, lidi atau tusuk gigi dan mould untuk membentuk hiasan dengan menggunakan sayuran untuk garnish tumpeng.

5. Sesuaikan budget

Selain memastikan hiasan tumpeng nasi putih bisa menjadikan tampilannya lebih menarik dan bermakna, pemilihan hiasan juga harus disesuaikan dengan budget yang tersedia. Jika budget yang tersedia cukup terbatas, maka untuk lauk utama bisa diganti dengan menggunakan telur ayam yang diolah dengan resep semur atau balado. Ada banyak pilihan menu nasi tumpeng di rumahtumpengjakarta.com yang bisa dipilih sesuai budget yang tersedia dengan mudah dan praktis.

Demikian beberapa trik dan cara menghias tumpeng nasi putih sederhana yang sederhana, menarik dan tetap penuh makna. Kombinasikan hiasan yang digunakan sehingga terlihat kontras dan menggugah selera. Jika ingin yang lebih praktis, pesan saja nasi tumpeng di rumahtumpengjakarta.com, kunjungi website resmi Rumah Tumpeng untuk dapatkan info lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih