Tumpeng Kotak Variasi 10 Sampai 50 Porsi

Tumpeng Kotak Variasi 10 Sampai 50 Porsi

Nasi tumpeng identik sebagai makanan simbol perayaan. Nasi tumpeng memiliki bentuk yang khas yaitu kerucut yang biasanya dialasi dengan tampah lingkaran. Namun kini nasi tumpeng mengalami banyak modifikasi termasuk menjadi bentuk tumpeng kotak.

Alas kotak nasi tumpeng ini juga tidak kalah indah dan aesthetic. Selain itu juga tidak menghilangkan unsur otentik dan makna filosofis yang dimiliki nasi tumpeng. Bentuk kotak ini justru membuat nasi tumpeng menjadi lebih unik dan menarik.

Menu Isian yang Biasanya Ada pada Nasi Tumpeng Kotak

Berikut ini adalah beberapa menu utama yang biasanya ada pada penyusunan nasi tumpeng termasuk tumpeng kotak.

– Nasi

Menu utama yang harus ada pada tumpeng kotak tentu saja nasi. Meski alasnya berbentuk kotak, nasinya tetap dibentuk kerucut menyerupai gunung. Adapun untuk pilihan nasinya sebenarnya bisa olahan nasi apa pun tidak hanya nasi kuning.

Anda bisa menggunakan nasi putih, nasi uduk hingga nasi goreng yang dibentuk kerucut. Namun untuk perayaan acara besar atau acara syukuran banyak yang lebih memilih nasi kuning karena terdapat makna filosofis di dalamnya. Hal ini dikarenakan pada awalnya nasi yang digunakan pada nasi tumpeng adalah nasi kuning namun seiring berkembangnya waktu bisa dibuat dengan berbagai olahan nasi lainnya.

– Ayam Goreng

Menu sajian selanjutnya yaitu ada ayam goreng. Seperti yang diketahui menu yang satu ini memang cocok disajikan dengan masakan apa pun. Ketika disajikan dengan nasi tumpeng, biasanya ayam akan diungkep dengan bumbu kuning lalu digoreng sampai kecokelatan.

Ayam yang dipilih untuk nasi tumpeng ini juga tidak boleh sembarangan. Umumnya jenis ayam yang digunakan yaitu ayam jantan maupun ayam jago. Hal tersebut karena terdapat makna filosofis di dalamnya yang dapat membuang sifat angkuh serta selalu merasa benar sendiri.

– Sayur Urap

sayur urap

Sayur urap terdiri atas berbagai sayuran rebus yaitu kacang panjang, bayam serta tauge dan kangkung. Biasanya juga ditambahkan irisan panjang wortel di atasnya sebagai pemanis dan pemberi warna merah. Urap akan dicampur kelapa parut yang sebelumnya telah dibumbui rasa pedas dan gurih.

Tahukah Anda? Setiap sayuran yang dipilih ini memiliki makna tersendiri. Kata urap itu sama diartikan dengan urip yang dalam bahasa Jawa berarti kehidupan.

Aneka sayuran ini menunjukkan simbol alam semesta yang sudah memberikan kehidupan. Sayur urap ini diletakkan mengelilingi nasi tumpeng serta berdampingan dengan lauk pauk lainnya.

Baca : Harga Tumpeng 50 orang

– Telur

Biasanya telur yang ada pada nasi tumpeng adalah telur rebus. Namun ternyata telur yang ada pada sajian tumpeng ini bisa dibuat dua versi tergantung dari jenis tumpeng yang dibuat. Jika Anda menyajikan nasi tumpeng dari nasi kuning maka Anda bisa menyajikan telur dadar tipis yang dipotong-potong.

Sementara untuk nasi tumpeng dari nasi putih bisa menggunakan telur rebus yang dipotong menjadi dua bagian. Pada zaman dahulu, menu telur rebus ini disajikan secara lengkap dengan cangkangnya. Hal ini memiliki arti bahwa segala sesuatu perlu direncanakan dengan baik layaknya mengupas telur dari cangkangnya.

– Kering Tempe atau Kentang

Menu selanjutnya yang ada pada tumpeng kotak yaitu kering tempe atau kering kentang. Keduanya cocok untuk disajikan dan bisa disesuaikan dengan selera maupun pesanan.

Umumnya tempe maupun kentang ini digoreng tipis kemudian dimasak kembali dengan gula Jawa beserta irisan cabai dan tak lupa penyedap. Hasil masakan yang dihasilkan yaitu tekstur yang crispy, manis dan juga lengket karena penggunaan gula Jawa.

harga tumpeng untuk 40 orang

Baca : Harga Tumpeng 40 orang

– Ikan Teri maupun Ikan Asin

Selain itu ada juga tambahan menu lauk dari laut yaitu ikan teri atau ikan asin yang disebut juga gereh. Tumpeng akan terasa kurang lengkap jika tidak ada rasa asin gurih yang berasal dari ikan asin. Ikan ini bisa digoreng sampai kering mirip seperti keripik ikan.

Gereh ketika di air selalu hidup bergerombol, hal ini diartikan layaknya manusia tidak dapat hidup sendiri. Selain ikan teri atau gereh, pada beberapa tipe tumpeng juga biasanya bisa diganti dengan jenis ikan lainnya seperti ikan lele maupun bandeng.

– Sambal

Sambal menjadi menu pelengkap yang tidak kalah penting. Tumbukan cabai merah segar khas Indonesia ini akan selalu menggugah selera semua orang. Sambal tumpeng biasanya digoreng terlebih dahulu jadi bisa menghasilkan warna merah yang layu dan menggugah selera.

Tidak ada syarat khusus lainnya untuk sambal tumpeng. Beberapa juga ada yang menyebutkan bahwa rasa pedas ini sudah terwakilkan pada sayur urap maupun kering tempe atau kering kentang.

– Perkedel Kentang

Menu yang tak boleh ketinggalan juga di tumpeng kotak adalah perkedel. Meski olahan menu yang satu ini juga mengandung karbohidrat. Namun rasanya belum lengkap juga jika nasi kuning tanpa adanya telur dan perkedel.

Untuk membuat perkedel ini, sebelumnya kentang bisa direbus, dikukus atau digoreng. Setelah itu ditumbuk dan dibentuk lingkaran kemudian kentang akan digoreng lagi sampai berwarna kuning keemasan dan jadilah perkedel tempe yang lezat.

Itulah beberapa menu utama yang biasanya ada pada nasi tumpeng. Untuk melakukan pemesanan nasi tumpeng di Rumah Tumpeng Jakarta Anda bisa menghubungi langsung nomor admin yang tertera pada website.

Selain itu Anda juga bisa request isian menu beserta jumlah porsi yang bisa menikmati nasi tumpeng ini. Hal ini bisa disesuaikan dengan harganya yang akan dibahas selanjutnya di bawah ini.

Varian Menu yang Ada Pada Rumah Tumpeng Jakarta Beserta Harganya

daftar harga nasi tumpeng basic

daftar harga nasi tumpeng extra

Rumah Tumpeng Jakarta menyediakan dua menu varian untuk nasi tumpeng yaitu tumpeng basic dan tumpeng kotak premium. Adapun isian dan harga tumpeng kotak ini yaitu sebagai berikut.

– Tumpeng Basic

Untuk tumpeng basic, menunya terdiri dari nasi, perkedel atau sambal goreng kentang, orek tempe, mie goreng, telur balado dan ayam beserta sambal lalapan. Pilihan nasinya tidak hanya nasi kuning saja namun juga bisa memilih nasi uduk atau nasi liwet. Adapun untuk menu ayamnya juga bisa memilih nasi goreng atau bakar.

Sementara mie goreng juga bisa diganti dengan bihun. Adapun harga tumpeng untuk 10 porsi sebesar 425 ribu sedangkan untuk 15 porsi dibanderol dengan harga 637 ribu.

Untuk harga 20 porsi yaitu 850 ribu sedangkan untuk 25 porsi sudah merangkap sampai 1 jutaan. Jadi untuk jumlah 30 porsi ke atas harganya dibanderol sampai 1,2 jutaan ke atas.

– Tumpeng Extra atau Tumpeng Premium

Hal yang membedakan tumpeng basic dengan extra atau premium ada pada tambahan menu urap komplit, selain itu menunya sama. Adapun untuk harga 10 porsi dibanderol sebesar 475 ribu. Lalu untuk 15 porsi 712 ribu sedangkan 20 porsi sebesar 950 ribu.

Sementara untuk 25 porsi seharga 1,187 juta dan 20 porsi sebesar 1,425 juta. Lalu untuk 35 porsi sebesar 1,6 juta dan untuk 40 porsi sebesar 1,9 juta.

Itulah informasi harga dan menu tumpeng kotak yang tersedia pada website rumahtumpengjakarta. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih