Cara Membuat Nasi Liwet Sunda yang Nikmat dan Gurih

Salah satu kuliner tradisional Indonesia yang memiliki rasa yang lezat dan otentik adalah nasi liwet Sunda yang berasal dari daerah Jawa Barat. Pada artikel kali ini, akan diulas secara lengkap mengenai cara membuat nasi liwet yang terkenal lezat, nikmat serta gurih.

Nasi liwet Sunda terkenal gurih dan lezat karena perpaduan sempurna antara nasi, santan dan berbagai rempah-rempah khas daerah Jawa Barat lengkap bersama berbagai lauk pauk sebagai pendampingnya.

Baca Juga : Menu Nasi Liwet Box Murah

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda yang Nikmat dan Gurih

Daftar Bahan yang Harus Dipersiapkan untuk Membuat Nasi Liwet Sunda

Sebelum mulai membuat resep nasi liwet Sunda simpel, pastikan Anda mempersiapkan berbagai bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Daftar bahan-bahan yang dibutuhkan tersebut antara lainnya adalah sebagai berikut.

1. Beras atau beras

Untuk membuat nasi liwet Sunda, bahan utama yang wajib Anda persiapkan sudah pasti adalah beras. Anda bisa memilih antara beras putih biasa maupun beras ketan sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan Anda.

2. Bawang merah dan bawang putih

Selanjutnya, pastikan juga Anda mempersiapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Agar memudahkan Anda dalam proses membuat nasi liwet Sunda, usahakan Anda haluskan bawang putih serta bawang putih tersebut terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

Nasi liwet sunter

3. Santan

Bahan berikutnya yang tidak boleh terlewatkan dalam membuat nasi liwet gurih dan sedap adalah santan. Anda bisa menggunakan santan yang Anda olah sendiri ataupun menggunakan santan instan sesuai dengan preferensi Anda masing-masing.

4. Daun pandan atau salam

Berikutnya jangan lupa persiapkan juga daun pandan atau daun salam. Salah satu cara membuat nasi liwet gurih agar mampu menggugah selera adalah dengan menggunakan daun pandan atau salam yang disinyalir mampu mengeluarkan aroma khas pada sebuah masakan.

5. Garam dan gula pasir secukupnya

Sebagai penyedap rasa, Anda bisa mempersiapkan sedikit garam dan gula pasir supaya nasi liwet Sunda yang Anda buat semakin sempurna.

Baca Juga : Menu Nasi Liwet Daun Panjang

Langkah-langkah Mudah Membuat Nasi Liwet Khas Pasundan

Sesudah semua bahan-bahan yang diperlukan Anda siapkan, kini saatnya masuk ke dalam proses pembuatannya. Terdapat beberapa langkah-langkah mudah dalam membuat nasi liwet seperti yang dibahas di bawah ini.

1. Cuci beras atau beras ketan hingga bersih

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci beras atau beras ketan terlebih dahulu hingga bersih. Pastikan jika air cucian beras terlihat cukup bening lalu tiriskan beras tersebut.

2. Tumis bawang merah dan putih bersama santan dan daun pandan atau salam

Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih hingga mengeluarkan aroma harum. masukkan santan yang telah Anda siapkan bersamaan dengan daun pandan atau daun salam dan beri sedikit garam dan gula pasir. Pastikan Anda memasak semua bahan tersebut hingga mendidih.

3. Masak beras atau beras ketan

Langkah berikutnya, masak beras atau beras ketan yang telah dicuci bersih bersama dengan campuran bahan yang telah Anda masak sebelumnya. Tunggu hingga nasi matang dan bumbu-bumbu meresap dengan sempurna.

4. Tambahkan lauk pauk 

Agar semakin lengkap, setelah masak tambahkan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu dan tempe serta lalapan sebagai pendamping nasi liwet, Setelah semua lauk pauk telah tersusun rapi, maka nasi liwet yang enak dan lezat siap dihidangkan.

Setelah melihat bahan-bahan yang diperlukan serta cara membuat nasi liwet Sunda di atas, Anda dapat dengan mudah membuat nasi liwet Sunda di rumah masing-masing. Untuk Anda yang hendak mengadakan acara atau hajatan dan ingin memesan nasi liwet, Rumah Tumpeng Jakarta bisa menjadi rekomendasi dan pilihan yang tepat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *