Cara Membuat Garnish Tumpeng Paling Simpel

Nasi Tumpeng Mini – Cara membuat garnish tumpeng yang mudah bisa menggunakan bahan, seperti timun, cabai, wortel dan sebagainya. Agar tampilan nasi tumpeng terlihat menarik biasanya akan diberikan garnish atau hiasan.

Cara Membuat Garnish Tumpeng Paling Simpel

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat garnish biasanya dapat dimakan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips membuat garnish tumpeng untuk pemula dengan mudah.

Cara Membuat Garnish Tumpeng Bagi Pemula

Garnish dibuat untuk mempercantik tampilan nasi tumpeng dan menggugah selera makan. Nah, beberapa tips membuat garnish nasi tumpeng untuk pemula yang simpel adalah:

1. Timun

Cara membuat garnish untuk nasi tumpeng dengan timun adalah siapkan pisau pengupas sayuran. Anda bisa membuat bunga dari timun dengan mudah. Langkah awalnya Anda harus mencuci bersih timun yang akan digunakan untuk membuat garnish agar higienis dan dapat dimakan sebagai lalapan pada nasi tumpeng.

Iris timun menjadi 6 potongan yang tipis dan salah satu potongan timun dilubangi pada bagian tengahnya. Gulung timun perlahan agar tidak patah dan letakkan di bagian tengah lubang timun yang telah dibuat tadi. Lebarkan gulungan timun secara perlahan untuk membentuk bunga yang mekar.

2. Cabai

Cabai bisa dijadikan sebagai garnish nasi tumpeng agar tampilannya lebih menarik dan menggugah selera. Cara membuat garnish dengan cabai adalah cuci bersih cabai dan potong secara vertikal baru buang semua biji cabai agar lebih mudah dibentuk. Jika semua cabai sudah tidak ada bijinya bisa mulai dibentuk.

Cara membentuknya di setiap potongan cabai pada lengkungannya agar membentuk seperti bunga. Rendamlah cabai dengan air es atau air dingin selama beberapa jam. Hal ini harus dilakukan supaya cabai mekar sempurna dan tidak mudah layu.

3. Wortel

Wortel juga bisa Anda gunakan untuk membuat garnish nasi tumpeng yang unik. Wortel juga bisa dibuat menjadi berbagai bentuk yang unik dan menarik seperti jadi bentuk bunga. Cara membuatnya adalah kupas wortel dan cuci sampai bersih.

Potong wortel dengan panjang 1 hingga 1,5 cam pada bagian pinggirnya untuk membuat efek kelopak bunga beberapa kali. Potong bagian atas wortel dengan membentuk bulat seperti bunga matahari. Wortel juga bisa dibuat menjadi bentuk bunga mawar.

Caranya potong wortel jadi 4 bagian dengan 3 bagian yang tipis dan 1 bagian tebal. Potonglah irisan wortel yang lebih tebal secara melintang dan gulung irisan wortel yang tipis jadi kelopak bunga.

4. Kacang Panjang

Kacang panjang bisa dibuat menjadi anyaman dan juga bisa dijadikan sebagai lalapan di nasi tumpeng. Cara membuat hiasan dari kacang panjang adalah cuci bersih kacang panjang yang akan dibuat menjadi garnish. Buanglah bagian ujungnya dan pasangkan kacang panjang mengelilingi tumpeng.

Kunci menggunakan lidi yang sudah dibersihkan agar higienis. Buatlah pagar dengan kacang panjang hingga mengeliling semua bagian tumpeng agar terlihat lebih rapi. Agar pagar terlihat rapi dan unik, Anda bisa membuat anyaman dengan kacang panjang.

5. Tomat

Anda bisa membuat bunga dari tomat yang cantik dan mekar. Cara membuatnya potong bagian bawah tomat dan potong kulit secara melingkar dengan bentuk gelombang. Jangan sampai potongan kulit tersebut terputus agar bisa dililit menjadi bunga.

Tempatkan kulit tomat pada bagian bawah kulit tomat untuk alasnya. Anda tinggal menyesuaikan kelopak bunga dengan kulit tomat tersebut.

Itu dia cara membuat garnish tumpeng yang mudah dan Anda bisa memesan nasi tumpeng di jasa catering Rumah Tumpeng Jakarta dengan berbagai macam menu dan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih