Nasi Kuning Bento, Inspirasi Bentuk Kreasi Terbaik

Bento merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang artinya makanan bekal berisi nasi dan lauk pauk yang dikemas secara praktis. Di Indonesia sendiri, nasi bento ini banyak dimodifikasi salah satunya menjadi nasi kuning bento. Saat ini sudah banyak tersedia catering nasi kotak yang menyediakan ide menu ini yang akan menarik anak-anak termasuk Rumah Tumpeng Jakarta.

Menu yang satu ini cocok sekali digunakan untuk acara ulang tahun maupun acara anak-anak lainnya. Selain menarik perhatian anak-anak, bento juga menjadikan anak lebih lahap karena berbagai karakter unik yang dibagikan. Berikut ini adalah resep nasi kuning bento yang bisa Anda coba praktikkan beserta beberapa ide bentuk bento yang menarik minat si kecil.

Nasi Kuning Bento MiniTambah Baru

Cara Membuat Nasi Kuning Bento Sederhana

Informasi yang akan dibahas pada artikel di bawah ini berisi bahan-bahan untuk membuat nasi kuning beserta dengan cara pembuatannya. Seperti yang diketahui nasi kuning sendiri merupakan nasi yang berwarna kuning yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah yang khas.

Selain itu yang menjadi ciri khas dari nasi kuning ini adalah lauk pauk pelengkap yang biasanya ada pada nasi kuning.

Pesan Menu Bento Di Rumah Tumpeng

Cara Membuat Nasi Kuning Bento Sederhana

Bahan-bahan Membuat Nasi Kuning

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi kuning:

– Bahan-bahan nasi kuning

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi kuning bento sama halnya seperti membuat nasi kuning biasa hanya saja bentuk nasi kuningnya dihias lebih menarik. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kuning di antaranya beras sebanyak 1 kg, serai sebanyak 2 batang, daun salam dan daun jeruk masing-masing sebanyak 4 lembar, daun pandan 2 lembar.

Selain itu ada kunyit bubuk yang membuat nasi menjadi kuning, penyedap rasa secukupnya, garam sebanyak 1 sendok makan serta santan sebanyak 250 ml.

– Bahan-bahan orek tempe

Adapun untuk membuat orek tempe tentu dibutuhkan tempe sebagai bahan utama. Lalu ada bawang merah sebanyak 7 siung, 4 siung bawang putih dan 2 biji cabai merah.

Bahan selanjutnya ada tomat sebanyak 1 buah, lengkuas, daun salam dan kecap manis yang membuat orek tempe menjadi kecokelatan. Kemudian tak lupa tambahkan garam dan juga penyedap secukupnya.

– Bahan-bahan mie goreng

Untuk membuat mie goreng sebagai pelengkap nasi kuning bento diperlukan mie kuning bebas baik itu yang keriting atau mie yang lurus sebanyak 1 bungkus, bawang merah dan bawang putih masing-masing 4 siung. Selanjutnya dibutuhkan juga merica, garam dan penyedap secukupnya, wortel, sawi serta kecap manis secukupnya.

Cara Pembuatan

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya:

– Membuat nasi kuning

nasi kuning

Pertama cuci bersih beras sebanyak 1 kg tadi. Lalu masukkan dalam rice cooker atau magic com dan tambahkan 2 batang serai. Selanjutnya masukkan daun salam, daun jeruk dan juga daun pandan.

Tak lupa tambahkan juga penyedap rasa beserta kunyit bubuk. Kemudian tuangkan santan serta tambahkan 1 sdm garam. Lalu tuangkan air sebanyak 1 liter dan aduk merata.

Pencet tombol cook pada magic com dan tunggu sampai matang. Jika sudah matang aduk-aduk sebentar menggunakan spatula.

Lalu tambahkan 2 sdm minyak goreng yang sebelumnya telah dipakai untuk menggoreng bawang merah. Sisihkan sementara dan lanjut membuat menu lainnya.

– Membuat orek tempe

Siapkan tempe secukupnya kemudian potong dadu hingga habis dan sisihkan pada wadah. Selanjutnya iris bawang merah, bawang putih dan cabai merah serta tomat lalu sisihkan. Kemudian panaskan minyak secukupnya dan goreng tempe sampai kuning keemasan.

Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu muncul aroma harum. Setelah itu baru masukkan cabai dan tomat. Tambahkan lengkuas serta daun salam dan aduk merata sampai bumbu layu dan harum.

Setelah itu masukkan tempe yang sudah digoreng dan aduk merata. Masukkan garam, penyedap rasa serta kecap manis sesuai dengan selera Anda. Aduk-aduk hingga matang, angkat dan taruh ke wadah.

– Membuat mie goreng

mie goreng

Menu terakhir yang bisa disajikan pada nasi kuning bento yaitu mie goreng. Pertama rebus mie dalam air mendidih sampai matang. Sambil menunggu mie matang haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih beserta garam dan merica.

Siapkan mie yang telah direbus tadi pada wadah kemudian tambahkan kecap manis secukupnya dan aduk merata. Tumis bumbu yang telah diulek tadi hingga matang dan harum.

Kemudian masukkan sawi hijau serta wortel. Tuang sedikit air dan masak hingga mendidih dan sedikit menyusut kemudian masukkan mie dan aduk merata.

Tidak hanya menu-menu di atas, biasanya Anda juga bisa menambahkan telur dadar ataupun nugget sebagai pelengkapnya. Selanjutnya box bento disiapkan dan nasi kuning siap ditata menjadi berbagai bentuk. Yuk simak apa saja ide kreasi nasi kuning bento berbagai bentuk di bawah ini.

Ide Kreasi Nasi Kuning Bento Lucu

nasi Bento telur balado17

Berikut beberapa ide kreasi untuk pembuatan bento nasi kuning:

– Bento bentuk panda

Ide kreasi yang pertama merupakan bentuk yang paling mudah. Walaupun demikian, nasi bento yang dihasilkan tetap lucu serta mampu membuat si kecil tetap semangat untuk makan. Cara membentuknya Anda bisa membentuk nasi menjadi lonjong.

Setelah itu buat telinga beserta mata hidung dan juga mulut panda dengan rumput laut. Tambahkan juga sayur selada, tomat serta sosis. Irisan sosis ini bisa ditempelkan pada wajah panda untuk tanda pada pipi yang merona. Langkah terakhir, taburkan di atasnya daun bawang dan nasi bento bentuk panda siap disajikan.

– Bento bentuk mawar

Bentuk selanjutnya adalah bentuk sederhana yang mudah untuk dicetak. Bentuk bento ini hadir di Rumah Tumpeng Jakarta dengan berbagai pilihan menu. Harga nasi kuning bento mini di Rumah Tumpeng Jakarta ini tersedia dengan berbagai varian yang bisa Anda pilih.

Menu yang pertama yaitu bento basic yang isiannya terdiri dari orek tempe, telur dadar, mie goreng serta ayam yang lengkap dengan sambal dan juga lalap. Menu ini dibanderol dengan harga yang sangat murah yaitu 27 ribu saja.

Nasi kuning bento mika kecil juga hadir pada menu yang ada di Rumah Tumpeng Jakarta. Menu selanjutnya Anda bisa memilih bento balado yang dibanderol dengan harga 29 ribu. Isiannya terdiri dari nasi kuning, orek tempe, bihun atau mie goreng, ayam, kentang, dan telur balado.

Sementara menu nasi kuning selanjutnya yang bisa dipilih yaitu bento telur merah yang dibanderol dengan harga yang sama 29 ribu saja. Isinya kurang lebih juga sama dengan bento telur balado. Hanya saja untuk menu ini Anda bisa memilih varian telurnya menjadi telur rebus atau telur pindang cokelat.

Itulah beberapa ide kreasi nasi kuning bento yang bisa Anda contoh. Untuk resepnya juga sudah dibahas pada artikel ini. Rumah Tumpeng Jakarta menyediakan berbagai menu nasi box termasuk nasi kuning bentuk bento yang cocok untuk acara syukuran baik itu ulang tahun anak, aqiqah maupun acara keluarga lainnya. Kunjungi website rumahtumpengjakarta.com untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Terima kasih